Friday 23 December 2016

[Blogtour + Giveaway] P.S. I Like You - Kasie West

Source : Goodreads
Judul buku : P.S. I Like You
Pengarang : Kasie West 

Penerjemah : Airien Kusumawardhani
Penerbit : Penerbit Spring
Tahun terbit : 2016
Paperback, 366 halaman
ISBN : 978-602-743-226-0

Saat sedang melamun di kelas Kimia, Lily menuliskan sebaris lirik lagu favoritnya di meja. Hari berikutnya, dia menemukan seseorang telah melanjutkan lirik itu dan bahkan menulis pesan untuknya!

Tak lama, Lily dan sahabat pena misteriusnya itu mulai berbagi surat dan rahasia, saling memperkenalkan band favorit mereka, dan mulai terbuka satu sama lain. Bahkan, Lily merasa mulai menyukai orang yang menulis surat-surat itu. Hanya saja, siapa dia?

Lily mencoba mencari tahu siapa teman misteriusnya, tapi siapkah dia mengetahui kebenarannya?

***

"Musik dan kimia. Mendekatkan semua orang." (Hal. 118)

Setelah ditegur oleh guru kimianya, Mr. Ortega ketika ketahuan sedang mencari inspirasi untuk menulis lirik lagu di kelas, Lily Abbott harus bersedia untuk menjauhkan buku catatannya selama pelajaran kimia, atau Mr. Ortega akan menyita buku yang menjadi sumber inspirasinya itu. Namun karena kebosanan setengah mati, Lily mulai menuliskan lirik lagu dari band kesukaannya--sebuah band indie rock yang tidak banyak dikenal orang.

Betapa terkejutnya Lily ketika mendapati lirik tersebut dilanjutkan oleh orang lain keesokan harinya. Awalnya mereka hanya saling berbalas lirik lagu dan saling bertukar referensi band kesukaan sama lain, namun setelah ruangan di meja itu habis, mereka mulai bertukar surat dalam secarik kertas dan menceritakan kehidupan mereka, bahkan hal-hal pribadi dan rahasia yang tidak diketahui oleh teman-teman dekat mereka.

“Mungkin sahabat penaku bisa membuat kami saling seimbang. Mungkin kami sempurna untuk satu sama lain. “ (Hal. 150)

Lily mulai merasa tertarik dengan sahabat penanya. Bukan, bukan hanya itu. Ia merasa jatuh cinta pada seseorang yang tidak ia ketahui wujudnya tersebut dan menebak-nebak siapakah si penulis surat yang begitu mengerti dirinya; apakah itu David, teman satu sekolah yang baru-baru ini dijodohkan Isabel--sahabatnya--dengannya, yang begitu awkward dan sedikit pemalu, Lucas, kakak kelas yang sudah dua tahun ini selalu ia perhatikan, atau.. seseorang yang justru sama sekali tidak Lily sangka--dan tidak ia harapkan?

***

The idea is cute, quirky, fun, and nostalgic.

Itulah kesan pertama yang saya dapatkan ketika membaca P.S. I Like You. Saya selalu senang ketika sebuah cerita fiksi melibatkan hal-hal yang klasik, salah satunya menulis surat (I always have a thing for handwritten letters) dan sahabat pena, mengingat ini adalah era serba digital. Jadi, saya sudah punya poin plus untuk buku ini sejak pertama kali membaca blurb-nya.

“Rasa percaya diri. Aku payah soal itu. Aku terlalu malu-malu. Terutama tentang hal-hal yang sangat berarti bagiku. Aku merasa bahwa kalau aku menyimpan sesuatu rapat-rapat, tidak pernah memperlihatkannya, maka aku tidak pernah memberi orang lain kesempatan untuk menghakimiku.” (Hal. 141)

Pertama-tama, mari bicara soal karakternya. Narator di dalam buku ini, Lily Abbott, sangatlah menyenangkan. Saya betah berada di dalam kepalanya. Dia seperti kebanyakan anak SMA, tapi juga tidak seperti kebanyakan dari mereka. Nah, gimana tuh maksudnya? Hehe. Menurut saya, Lily ini nyaman menjadi dirinya sendiri, sedikit cuek dan secretive, tapi apa adanya meskipun agak kurang percaya diri. Dan seperti kebanyakan remaja, kadang merasa terusik dengan kebisingan di keluarganya yang kelewat hangat. Dia juga tidak takut untuk tidak menjadi populer serta merasa cukup dengan memiliki seorang sahabat, Isabel. But, hey, teenagers are teenagers when it comes to love~ #ciee. Ketika mengetahui kebenaran tentang sahabat penanya, Lily yang tadinya lempeng dan cool berubah jadi sedikit overreacting. Salting-salting lucu gitu, deh :)) 

Keluarga Lily pun punya porsi yang pas di novel ini, senang banget baca YA yang keluarganya hangat (walaupun keluarga tokoh utama yang satu lagi berlawanan, sih). Saya gemes banget sama Jonah dan Wyatt! Juga Ashley, yang tadinya saya pikir tipe-tipe kakak perempuan yang sikapnya distant dengan adiknya, ternyata tidak seperti itu. Ada satu adegan yang maniss banget di keluarga Abbott, yang bikin saya pengen punya banyak saudara.

Teman-teman Lily juga masing-masing meninggalkan bekas di ingatan meski ada yang porsinya hanya sedikit, seperti Gabriel dan David. Isabel juga punya karakter yang kuat walaupun di awal-awal bikin saya sedikit curiga hahaha. 

Lalu tokoh yang satu itu! Walaupun agak-agak tipikal--sedikit superficial tapi setelah kita tahu lebih banyak tentang dia dari percakapannya dengan Lily ternyata jauh lebih "dalam"--namun dia adalah tokoh utama yang sangat menarik. Hihi. I'm not naming any names and will just let you be surprised instead! ;)

Plotnya sebenarnya sederhana, dengan konflik khas anak SMA yang permasalahannya dibumbui dengan adanya seorang mean girl yang cemburu dan menyebalkan, kesalahpahaman antar sahabat dan juga yang disebabkan karena menilai orang dari luarnya, tapi cara Kasie West menyampaikan cerita membuat saya susah meletakkan buku ini sejak halaman pertama.

Bagi saya, hal yang kurang dari P.S. I Like You hanya referensi musiknya. Semua band dan lirik yang ada di sini adalah fiksi (saya bahkan cari-cari di google loh). Padahal pasti akan lebih seru kalau lagu-lagunya berasal dari band betulan, bisa baca buku sambil dengar playlist, kan. Atau setidaknya bisa disebutkan satu saja band asli yang punya aliran hampir sama dengan band-band kesukaan Lily. Tapi tenang, kisah Lily dan sahabat pena misteriusnya ini adalah page turner, salah satu yang sayang untuk dilewatkan, dan cocok untuk teman liburan!

Oh ya, novel ini diterjemahkan oleh Penerbit Spring dan Bahasa Indonesianya nyaman untuk dibaca, sama sekali tidak kaku. Saya bahkan lebih suka cover versi terjemahan P.S. I Like You dibanding cover aslinya. Manis dengan warna pastel dan ilustrasi yang cocok dengan ceritanya. Akhir kata, 4 dari 5 bintang saya berikan untuk novel ini.

[GIVEAWAY]


Selama seminggu ini, Penerbit Spring mengadakan blog tour untuk P.S. I Like You dengan jadwal seperti gambar di atas. Akan ada 1 (satu) eksemplar buku yang akan dibagikan pada akhir rangkaian blog tour dengan mengikuti langkat-langkah berikut ini. Dan jangan lupa juga untuk mejawab pertanyaan giveaway di fan page Penerbit Spring.

Syaratnya :
1. Follow twitter @penerbitspring dan @irmagsari
2. Like fan page Penerbit Spring
3. Follow blog ini (sidebar sebelah kanan) 
4. Share giveaway ini dengan hashtag #PSILikeYou, jangan lupa untuk mention @irmagsari dan @penerbitspring
5. Tulis nama, username twitter, dan link share kamu di kolom komentar beserta alasan ingin membaca P.S. I Like You
6. Jawab pertanyaan berikut ini di fan page Penerbit Spring
Karena buku ini banyak berkaitan dengan musik, kira-kira lagu apa yang menggambarkan tahun 2016-mu?
(Tidak harus lagu yang rilis tahun ini, sebutkan aja lagu yang sekiranya relatable untuk kamu)
Giveaway akan berlangsung di fanpage Penerbit Spring di akhir periode blog tour dengan pertanyaan dari masing-masing blog, jangan lupa ikuti semuanya agar kesempatanmu untuk menang juga lebih besar. Semoga beruntung! :)

29 comments:

  1. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Twitter: @MayaElfianiY
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/812131097190350849
    Alasan pengen baca P.S. I Like You krn novel terbitan penerbit spring itu bener2 wajib masuk wishlist karena terjemahannya rapi dan biasanya novel2 yg diterjemahkan itubpasti udah berkualitas banget. Selain itu cover novel P.S. I Like You ini cantik banget bookmarknya jg unyu. Jadi bikin pengen koleksi >.<

    ReplyDelete
  2. Nama: Rimadian Ulfa Y
    Username Twitter: @AdinRim
    Link Share:
    mobile.twitter.com/AdinRim/status/812133231721971712

    alasan ingin membaca P.S. I Like You adalah novel ini plotnya sederhana dan ringan buat bacaan saat santai. Dan seperti review di atas, konfliknya khas anak SMA -sahabat pena, surat-suratan, dll. Jadi cerita di novel ini terasa SMA banget dengan tingkah tokoh-tokoh yg sebenarnya tidak patut ditiru (coret-coret meja) tapi selalu ada dan masih umum dilakukan anak sekolahan. Selain itu sebenarnya yg lebih buat penasaran adalah sambung-menyambung lirik lagu antara Lily dan si sahabat pena. Meskipun ternyata lagunya hanyalah fiktif belaka (hehe) tapi tetap ingin tahu bagaimana caranya lagu-lagu itu akan mempertemukan mereka berdua.

    ReplyDelete
  3. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/812142877207891968

    Ide ceritanya unik dan menarik, konsep sahabat pena lewat lagu dan musik itu cantik banget buatku, aku rasa kalimat yang cocok untuk menggambarkan buku ini adalah "cinta bisa tercipta bahkan dari hal-hal sederhana" :D

    ReplyDelete
  4. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/812142641584357380

    dari awal udah tertarik sama buku ini karena didalamnya banyak hal positif yang saling membangun dalam menciptakan suasana real khas young adult. Ditambah keluarga besar lily juga dibahas didalam novel ini, yang memiliki karakter berbeda serta aneh. Dan aku kepingin banget baca novel ini karena penasaran sama si cowok yang jadi sahabat pena lily.

    ReplyDelete
  5. Wah musiknya fiksi.. Gue ngga serajin itu sampai google setelah baca. Makasih infonya :) nice review :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dibaca kak hana hahaha. iya, aku penasaran banget soalnya, siapa tau seleraku juga XD

      Delete
  6. Nama: Devi
    Twitter: @cedarpie
    Link share: https://mobile.twitter.com/cedarpie/status/812164566461222912

    Jadi ceritanya aku pengen baca #PSILikeYou karena novel ini berhasil bikin aku nostalgiaan sama jaman sd dulu lol nyaris sama kaya lily yang saling tulis di meja, dulu juga aku pernah coretin meja pake kalimat-kalimat ga penting gitu dan taunya ada yang ikut-ikutan coretin itu meja, entah siapa aja, nyampe semeja penuh sama coretan ga guna😂 ditambah belakangan aku emang lagi pengen banget baca cerita anak sekolahan yang unyul-unyul bikin gemes😄

    ReplyDelete
  7. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Link: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/812135025332219904?p=v

    Ceritanya unik hanya dengan menggunakan media lirik lagu aja bisa mepertemukan dua orang yg tidak saling kenal sehingga menjadi sahabat pena. Novel ini mengajariku untuk berteman dengan orang lain bahkan orang yg belum kita temui sangatlah mudah dan simple melalui surat dan novel ini memberi inspirasi buatku untuk berkirim surat dan kartu ucapan kepada teman-teman lama atau mungkin mencari sahabat pena yg mempunyai hobi dan kesukaan yg sama.

    ReplyDelete
  8. Sofani Rachmada
    @rachmadaa
    https://twitter.com/rachmadaa/status/812187307369369600

    My reason why i want to read P.S. I Like You are kind a simple cause I'm high schoolers too! So yeah this kind of story is really me, hihi. Kisah cinta yang memang manis dan bikin gregetan. So yeah tentu aku pengen baca juga selagi masih jadi anak sma ( ˘ ³˘)♥ thank you🍁

    ReplyDelete
  9. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    username twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/812189123100348416

    Karena ringan, berkisar didunia sma, dan yang jelas karena pingin punya buku dari penerbit spring 😭😭😭

    ReplyDelete
  10. nama: Fasa Febrianisa
    username twitter: @Fasa_Febrianisa
    link share: https://twitter.com/Fasa_Febrianisa/status/812274994394722304
    alasan ingin membaca P.S. I Like You:
    yang saya sukai dari novel ini sehingga pengen cepet" baca dan punya buku ini adalah covernya yang lucu dan manis. Seperti kisah Lily Abbott dengan sahabat penanya. Ah, kisah cinta di SMA memang lucu dan menggemaskan! Pemilihan warna pastel yang dominan juga pas menurut saya. Ditambah dengan gambar-gambar yang mengilustrasikan kisah Lily di dalam novel. Seperti meja, gitar, buku catatan, musik, kimia, sahabat pena misterius dan tentunya romance. :D

    ReplyDelete
  11. Nama : Ajeng yps
    Uname twitter : @ajengyps
    Link Share : https://twitter.com/ajengyps/status/812283338593439744

    Karena saya ingin tahu bagaimana kelanjutan dari balas-membalas coretan dimeja itu. Penasaran juga, sebenarnya siapa yang ngebales tulisan iseng Lily Abbot ini, apakah orang ini juga sama seperti Lily yang merasa bosan di kelas kimia pada waktu itu? wml :D

    ReplyDelete
  12. Nama: Rinita
    Twitter: @Rinitavyy
    link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/812297464103497728?p=v

    Alasan ingin membaca novel "P.S. I Like You" karena berkaitan dengan musik dan kimia.
    Aku suka sekali jika disuruh membaca lirik lagu atau mendengarkan instrumen alat musik serta suara lagu yang merdu, entah dari radio, tv, mp3, atau kalau sedang menonton konsernya. Musik itu Rasanya menenangkan. Apalagi yg romantis dan klasik. Love it.
    Sedangkan Kimia, adalah pelajaran favoritku saat SMA. Aku senang sekali mendengarkan guruku tiap kali membahas atom, unsur dan molekul. Bukan cuma itu saja, karena berawal dari kimia-lah, aku bisa bertemu dengan 'Dia', sang alchemist yang baik hati mencerirakan filosofi Elektron dan merdu suaranya (tidah hanya saat bernyanyi, melainkan juga saat MTQ).
    Alasan lainnya, karena buku ini juga menyimpan banyak misterius, yang bisa membuat golongan pembaca 'kepo' (seperti-ku) makin penasaran. Yeah, semoga bisa beruntung, dan bisa menuntaskan rasa penasaran tiap baca reviewnya dan sinopsosnya..

    ReplyDelete
  13. nama : afifah khoiriyah
    username twitter : @Afifah
    link share:
    https://twitter.com/Afifah_1412/status/812328658291408898

    PS I Like you mengingatkan saya ya hak terlalu suka kimia, kadang aku ngantuk dan tidur saat pelajaran itu dan malah baca Buku... Saya penasaran kegiatan Liku Abott yg hak suka pelajaran kimia dan punya sahabat pena. Gimana sih rasanya punya sahabat pena, karna saya gak punya sahabat pena. Jadi penasaran gunanya rasanya dan aku ingin baca buku ini agar tahu rasanya

    ReplyDelete
  14. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/812488096717512704

    Alasan ingin membaca P.S. I Like You?

    Sekali lihat covernya langsung tertarik, manis dan eye catching. Mungkin tema tentang sahabat pena sudah biasa, tapi proses menjadi sahabat pena itu dan media yg terlibat cukup unik. Dipadu dengan unsur persahabatan, keluarga dan juga musik, membuat kisah ini makin menarik untuk diikuti. Dan mengingat kembali masa-masa SMA selalu menjadi keseruan tersendiri.

    ReplyDelete
  15. Nama : Chintya Ririn
    Twitter : @RirinKGS
    Link Share : https://twitter.com/RirinKGS/status/812693481546096640

    Pengen banget novel P.S I Like You. Banyak yang review kalo novel ini bagus. Dari kutipan ka Irma pilih dari novel ini juga menarik. Aku juga suka sama terjemahan spring soalnya nggak kaku dan mudah di pahami. Cover novel ini juga eye catching banget. Hal yang paling kusuka adalah membuat aku penasaran sama kelanjutan kisahnya. Sebenarnya siapa yang melanjutkan lirik lagunya Lily. Hmmm...
    Kalo lagu sepertinya judulnya MAPS TT

    ReplyDelete
  16. Nama: Khaerunnisa
    Twitter : NhisaMinoz75
    Link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/812894901046157312?p=v
    Jawaban: Karena saya senang baca novel yang isi ceritanya membahas tentang musik.

    ReplyDelete
  17. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/812847194797506560?p=v


    Alasan ingin membaca P.S. I Like You
    »» Idenya unik meski menulis di meja adalah hal biasa :D.
    »» Penasaran dengan jalan ceritanya, teman penanya Lily dan reaksi Lily saat tau siapa sahabat penanya selama ini.
    »» Novel ini mengingatkanku akan masa-masa sekolah.
    »» Covernya manis, semanis jalan ceritanya.
    »» Pengen banget punya buku penerbit spring yang kece-kece abis.

    Ditambah, novel ini secara tidak langsung mengajarkan untuk tidak memilih teman dengan melihat apa yang terlihat dari luar saja.

    ReplyDelete
  18. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/813051708133625857

    Aku addict banget sama musik dan buku. Tertarik banget karena disini aku dapet keduanya. Udah dipastikan novel ini jadi wishlist. Serunya lagi, di era digital seperti ini masih ada orang berinteraksi dengan cara klasik begini. Sangat menyentuh. Aw, kapan ya bisa ketemu sama orang yang bisa ngeklik ngobrolin musik/buku kayak Lily dan si orang misterius itu?

    ReplyDelete
  19. Nama: Ayu Calista
    username twitter: @ayucalista18
    link share: https://twitter.com/ayucalista18/status/813097037763747840
    alasan ingin membaca P.S. I Like You:

    Aku suka covernya yang cantik banget. Lalu, review di blog ini yang berisi bahwa tokoh utama di sini benci kimia dan itu mirip banget sama aku (nyaris yang senasib) dan terakhir, aku suka buku yang berisi sosok misterius dengan tema sekolah. Waw tiga alasan itu jadi alasan aku mengejar buku cantik ini.

    ReplyDelete
  20. Nama: Aisyah Rahmatusysyifa
    Twitter: @pabooel
    Link share: https://mobile.twitter.com/pabooel/status/813166308657201152

    Alasanku ingin membaca PS I Like You karena awal tahun nanti usiaku akan bertambah satu *eh kok jadi kode-kode😂

    Alasan sesungguhnya adalah karena warna covernya yang begitu memikat, pastel kalem-kalem gimana gitu. Dan juga blurbnya yang sangat menarik perhatianku. Surat-menyurat? Hmm itu hal klasik yang unik bagiku. Walaupun aku jarang melakukan kegiatan tsb, tetap saja menurutku "surat" adalah hal yang spesial. Kecuali surat tagihan utang atau surat teguran dari sekolah ya hihi. Dan lagi, review dari blog tour PS I Like You meyakinkanku bahwa novel ini ringan tapi bagus. Jadi, semoga novel PS I Like You ini bisa menjadi kado ultahku dari Penerbit Spring. Eeeh kode lagi, maaf-maaf🙈✌

    ReplyDelete
  21. Nama: Andini Ginanti Tuzzahra
    Twitter: @andinigt
    Link Share:https://twitter.com/andinigt/status/813196157329387520

    Alasan ingin membaca PS I Like You karena temenku pengen buku ini sebagai kado hahahhaa terus nanti aku kasih ke dia dan aku pinjem heuheu

    ReplyDelete
  22. Nama: Nurul Astri
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/813374503631790081

    Aku pingin baca novel ini karena tertarik sama ide awalnya yang unik. Hanya karena corat-coret di meja, bisa menjadikan satu novel dengan kemasan menarik? Aku nggak pernah menduga. Sebetulnya ide yang diangkat itu simple sekali, hanya aja nggak banyak orang yang terpikir. Aku rasa penulisnya benar-benar pengamat yang baik dan imajinatif makanya bisa secerdas ini :D

    Dari blog ke blog, review yang diberikan para blogger itu cukup bagus. Aku jadi bermimpi suatu hari nanti bisa mereviewnya di blogku sendiri. Mungkin akan terasa menyenangkan menyimak novel itu langsung bukan hanya dari sekadar ungkapan orang. Semoga harapanku terwujud😄

    ReplyDelete
  23. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Link share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/813399539449208832?p=v

    Alasan ingin baca buku ini, karena aku ingin menikmati kisah Lily di SMA nya. Lily yang punya masalah sama pelajaran Kimia. Lily yang menganggap kehidupannya biasa saja, sampai Lily yang gak sengaja punya Sahabat Pena. Kegiatan Lily yang suka corat coret di pelajaran Kimia bisa juga aku contoh kalo lagi bosen sama pelajaran itu hehe. Dan yang paling bikin aku penasaran dari buku ini, yaitu 'siapa Sahabat pena misterius Lily?' . Menurut aku Sahabat pena misterius itu diantara Kakak kelas yang disukain Lily dan Musuh Lily yang juga mantan pacar sahabat Lily.

    ReplyDelete
  24. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/813541691579740160

    jawaban:
    Karena aku ingin membaca dan larut dalam dunia remaja Lily. Kejadian kejadian yg cukup unik dan seru. Aku tertarik dengan buku ini karena udah banyak review yg bilang ceritanya bagus dan cukup fresh, dan itu sukses membuatku penasaran untuk membaca sendiri.
    Di dunia modern yg masih memiliki sahabat pena itu seru. Sayangnya cerita ttg surat menyurat hanya pernah terjadi ketika aku duduk diawal bangku sekolah dasar. lalu bagaimana dengan tukar menukar cerita lewat kertas di dunia Lily?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. nama: Leny
    username twitter: @Lynlainy17
    link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/813756771252613120
    aku pengin banget baca buku PS I Like You karena pertama, aku suka banget sama covernya yang lucu ada warna pinknya warna kesukaanku, karena suka sama cover dan sudah bikin aku jatuh cinta, aku jadi penasaran banget sama isi ceritanya. Ternyata Lily, tokoh utamanya ini sama banget kayak aku, aku juga tidak suka banget sama pelajaran kimia, jadi ku rasa aku cocok banget baca novel ini, apalagi Lily punya sahabat pena, yang bikin aku penasaran banget sama sahabat penanya Lily, sebenarnya siapa sih. aku juga ingin deh punya sahabat pena kayak Lily, duh bikin iri banget deh.

    ReplyDelete
  27. Nama: Regina
    Username twitter: @inase_michaelis
    Link share: https://twitter.com/inase_michaelis/status/814385965825306624

    Saya ingin membaca P.S I Like You awalnya karna tertarik dengan cover bukunya yang imut.Saya juga rindu membaca kisah cinta remaja yang fresh,apalagi novel ini juga mengangkat tema tentang musik yang saya sukai.Saya juga penasaran siapa sebenarnya yang bersurat-suratan dengan Lily dan bagaimana akhirnya mereka dapat bertemu dan menyatakan perasaan masing2,lalu apakah Lily berhasil memenangkan lomba yang ingin diikutinya

    ReplyDelete