Saturday 17 December 2016

[Blog Tour + Review] Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang – Gina Gabrielle

Source : Goodreads
Judul buku : Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang
Pengarang : Gina Gabrielle
Penerbit : Inner Child Crowdfund Publisher
Tahun terbit : 2016
Paperback, 228 halaman
ISBN : 978-602-74865-0-8


Sebuah dongeng bagi kamu, yang sudah cukup dewasa untuk kembali bermimpi. 

***

"Konon katanya, pada suatu tidur, kau bisa sampai ke suatu tempat yang disebut Ujung Pelangi. Di sana ada seorang gadis dengan wajah tertutup cadar yang akan menenunkan Mimpi untukmu...”


Seorang pria dengan Hati luka melihat kertas terbang dalam Mimpinya. Ia mengikuti arah kertas tersebut terbang, dan sampai ke Lembah Es. Ia menyangka Hatinya akan sembuh, namun ternyata Lembah Es hanyalah tempat untuk mendinginkan Hati.

Di lain tempat, tanpa ia ketahui, langit memar. Dunia terancam hancur, dan pria itulah yang dipilih untuk menyelamatkannya.

Tapi, karena tidak sanggup lagi menanggung sakit, ia memutuskan untuk selama-lamanya membekukan Hati di Lembah Es.

Lalu langit pun retak, dan hendak runtuh. 

***

Diiringi dengan sajak-sajak yang menghangatkan Hati, kisah ini akan membawamu dalam perjalanan untuk menjadi sembuh—dan mengubah dunia, entah bagaimana caranya.

***
“Ada kerajaan yang tak terukur zaman, 
sebuah tempat yang tak terukur jarak.
Sumber terang fajar yang merekah perlahan,
asal muasal segala awan yang berarak."
Ini kisah tentang seorang pemuda yang mulanya hidup dengan bebas dan tidak pernah menyembunyikan Hatinya; karena begitulah hal yang ia percayai, bahwa keinginan Hati adalah untuk bebas merasa. Hingga suatu ketika ia menyadari bahwa Hatinya tak lagi sama, seiring berjalannya waktu dan banyaknya Hati bersinggungan dan bertabrakan dengan orang lain, Hati itu tergores dan terasa perih. Saat itulah datang seseorang yang berjanji dapat menyembuhkan Hatinya.

Pemuda itu menaruh harapan yang besar padanya. Berharap Hatinya akan kembali seperti sedia kala. Namun gadis itu justru menikam dan membuang Hati si pemuda, meninggalkannya dengan luka yang menganga. Pemuda itu merasa kosong, dan memutuskan untuk membekukan Hatinya, berharap tak bisa merasa selama-lamanya. 

Ini kisah tentang Gadis di Ujung Pelangi, yang memintal benang untuk menenun mimpi. Yang menghancurkan Hatinya demi membuat mimpi orang-orang lain menjadi utuh. Ketika Langit retak dan terancam runtuh, benang yang digunakan Gadis Penenun Mimpi mulai habis dan Hati sang gadis yang telah dihancurkan berkali-kali memakan waktu lebih lama untuk pulih, dapatkan Dunia Mimpi diselamatkan? 

***

Dengan banyaknya retelling dongeng yang saat ini bermunculan di dunia literasi, Gina Gabrielle menyajikan kisah dongeng yang murni rekaannya. Langkah yang berani, dengan ide cerita yang juga out of the box. Hal-hal yang ada di dalam Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang terasa surreal, membangkitkan imajinasi yang, mungkin, bagi kita yang telah dewasa sudah lama tidak terasah.  

“...kita hidup di negeri yang penuh dengan kemustahilan.”

Aspek-aspek di dalamnya, mulai dari tokoh-tokoh, latar, dan kejadian-kejadian yang ada dalam cerita ini terasa kental dengan nuansa dongeng. Tidak heran di halaman awal novel ini kita dianjurkan untuk membaca di malam hari, ketika suasana sudah sepi dan kita bebas berimajinasi.

Di beberapa bab awal, kita akan dibawa mengenal kisah-kisah tokoh yang berbeda. Dan ini membawa kita bertemu dengan banyak sekali tokoh yang mulanya terlihat tidak berhubungan sama sekali, tapi ternyata keberadaannya penting bagi satu sama lain. Karakter mereka diungkapkan secara sederhana, tapi cukup kompleks, dengan latar belakang mereka masing-masing.


Hal yang menonjol dari novel ini, selain genre-nya, adalah sajak-sajak yang bertebaran dan melengkapi cerita. Sajak-sajak tersebut mengawali kisah yang akan terjadi setelahnya. 

Oh ya, walaupun dalam dongeng ini ada kisah cinta, keseluruhan ceritanya bukan hanya itu saja. Menurut saya, novel ini adalah jenis cerita yang akan punya nilai berbeda bagi masing-masing pembacanya. Pesan yang diselipkan oleh Kak Gina dalam Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang mungkin diinterpretasikan lain bagi tiap orang. Saya sendiri menganggap pesan di novel ini adalah mengenai masa lalu dan memaafkan :D

[GIVEAWAY] 


Untuk menyambut Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang yang sebentar lagi bisa kita temui di toko buku (yay!), selama 2 bulan ini akan berlangsung blog tour dengan jadwal seperti gambar di atas. Dan kali ini, ada 1 (satu) eksemplar buku yang akan dibagikan di blog saya dan blog Dina.

Syaratnya gampang banget :


1. Follow blog ini (ada di sidebar)
2. Follow twitter Kak Gina Gabrielle dan ICC Publisher
3. Share giveaway blog tour ini lewat twitter dengan hashtag #GadisPenenunMimpi, jangan lupa mention @irmagsari dan @msginagabrielle
4. Jawab pertanyaan di bawah ini 
Apa dongeng favorit kamu semasa kecil, yang tokoh atau ceritanya mengingatkan akan diri kamu sendiri? (Bisa dongeng apa aja, tradisional maupun yang udah banyak adaptasi filmnya XD)
5. Jangan lupa ikut juga giveway yang diadakan di blog Dina.

Giveaway berlangsung pada tanggal 17 - 23 Desember 2016 jam 23.59 dan pemenang akan segera diumumkan setelah giveaway ditutup.


Semoga beruntung, dan selamat bermimpi :)

18 comments:

  1. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/810376293652934656

    Apa dongeng favorit kamu semasa kecil, yang tokoh atau ceritanya mengingatkan akan diri kamu sendiri? (Bisa dongeng apa aja, tradisional maupun yang udah banyak adaptasi filmnya XD)

    Kancil.
    Sejak kecil aku sering dipanggil kancil. Soalnya aku 'licik'. Ada aja caranya buat dapet yang aku mau. Badanku kecil dan aku enggak bisa diam. Walaupun gitu aku juga malasan dan suka tidur. Pokoknya kalo ada sesuatu yang aku ingin, gimanapun aku pingin dapetin itu. Aku selalu banyak ide dan kalo lagi semangat bisa debat sampai panjang lebar.

    ReplyDelete
  2. @dust_pain

    Rapunzel. bukan ceritanya yang mengingatkan akan diriku, tapi lebih ke sosok Rapunzel-nya. tau kan Rapunzel punya rambut yang panjang dan lebat? nah, waktu kecil dulu rambutku juga kayak gitu, panjang dan lebat. ibuku suka muji katanya aku cocok jadi model iklan sampo, hahaha. tapi itu dulu sih waktu aku masih kecil. kalo sekarang rambutku udah banyak yang rontok, gak selebat dulu :')))

    ReplyDelete
  3. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114

    Klething kuning

    Karena dulu waktu kecil aku selalu sakit-sakitan sehingga jarang mandi. Klo gak mandi, badannya tidak sedap mirip klething kuning. Selain itu entah mengapa sekalipun aku nggak begitu suka kuning tapi, setiap dapet barang pasti warnannya kuning. Sekarang pun aku dipanggil dengan sebutan kuning.

    ReplyDelete
  4. Nama: Rinita
    Twitter: @Rinitavyy
    https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/810542359599423489?p=v

    The Little Mermaid. Itu lho, kisah Ariel si putri duyung. Alasannya, dulu Aku mulai benar2 suka ceritanya sejak terlalu sering menonton filmnya lewat dvd milik adekku (yang ngomong-ngomong, dia ternyata fanatik sama ariel lho—entah sejak kapan. Bahkan kamarnya penuh poster Ariel dan
    kawan-kawan sebangsanya. Maksudku gambar ikan).
    (Mungkin ketularan adekku) Aku jadi suka dengan ikan. Kalau di hubungkan dengan diriku sendiri, mungkin di bagian realitanya, aku yg cinta banget sama ikan hias berloreng-loreng. karena meraka itu pemandangan 'oke' di ruang tamu rumahku (maksudku rumah orang tuaku, hehe)

    ReplyDelete
  5. Nama: A'imatul Latifah
    Twitter: @Aim_La27

    ANAK YANG MEMBAWA POT KOSONG

    Dongeng favorit yang sampai saat ini kesan dan pesannya masih melekat kuat dalam ingatanku. Ceritanya ringan sih, tapi menurut aku endingnya twist. Aku masih ingat betul polos dan jujurnya tokoh utama dari cerita ini. Dan menurut aku, sifat dari tokoh utamanya mirip walaupun tidak persis. Sifat polos tokoh itu sama dengan sifatku ketika masih kecil. Meskipun kalau sifat jujurnya, gak begitu mirip ya.. Suka parnoan, dan kadang terlampau polos. Bahkan seandainya ada yang bilang bohong kepadaku, masih akan tetap aku percayai karena sangking polosnya.

    ReplyDelete
  6. Nama:) Ainhy
    Twitter: @PrinceesAinhy
    Link share:https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/810728717655781376


    Halo kak irma, review nya keren bgt, salam kenal yah, untuk kak Gina, bukunya bkin penasaran abiz T.T Sukses sllu kak

    Jawaban:

    Dongeng favorit aku semasa kecil adalah dongeng fabel tentang si Kancil dan si Kura-kura. Dulu, dongeng ini paling populer di kampungku, bahkan di sekolah-sekolah. Pertama, aku suka dongeng fabel, seputar binatang yang memiliki kisah yg sarat akan pesan moral.

    Dalam dongenv kancil dan kura2, dikisahkan bahwa kancil merendahkan kura2 yg berjalan lamban, tp kura2 tdk pantang menyerah bhkan saat berlomba lari dengan kancil. Terlihat mustahil memang, namun pada akhirnya kura2 yg menang. Sifat sombong dr si kancil, memberikan banyak pelajaran untuk tidak menyombombongkan diri.

    Kedua karakter dalam dongeng ini sangat lekat dan mengingatkanku terhadap dri sdnri. Terkadang, aku merasa sprti si kancil yg cepat merasa puas dan sdikit sombong dgn apa yg dmiliki, pdhl sifat it nggak boleh dipelihara dlm hati, kedua, karakter Kura2 mengingatkanku ntuk ttp betsikap rendah hati, dan pantang menyerah.

    Smpai detik ini, aku sllu ingat dongeng si kancil dan Kura-kura.

    It aja jawabanku kak makasih :)

    ReplyDelete
  7. Nama: Alfath
    twitter: @alfari_12
    Link: https://twitter.com/alfari_12/status/810763427832537088

    Dongeng yang mengingatkan akan diri sendiri: Gadis bertudung merah

    Dulu waktu pulang sekolah TK, saya lebih sering dijemput orang kepercayaan (keluarga dan orang yang sudah dikenal). Nah, suatu ketika saya harus pulang sendiri karena tidak ada yang menjemput. Jarak rumah dengan TK tidak terlalu dekat untuk dilalui dengan cara berjalan kaki. Akhirnya, saya diperbolehkan membawa sepeda dengan bantuan roda kecil di samping kanan dan kirinya (waktu itu masih belum mahir bersepeda, jadi roda kecil belum dilepas). Waktu perjalanan pulang, tiba-tiba ada seorang bapak bersepeda motor yang menguntit di belakang saya. Dengan kekuatan maksimal saya mengayuh sepeda dan mengabaikan sapaan bapak berhelm tersebut. Maklum, saya pernah dinasehati agar berhati-hati terhadap orang asing. Akhirnya, mendekati rumah saya...saya pun terkejut ketika bapak tersebut membuka helm dan jaket nya dan ternyata...bapak tersebut adalah bapak saya!!

    Kenapa saya menghubungkan kenangan itu dengan 'Gadis bertudung merah?' Karena gadis bertudung merah pun mengalami perjalanan seorang diri menuju rumah sang nenek yang telah dimakan sang serigala namun si gadis berlari keluar dan berteriak untuk mencari pertolongan agar sang nenek dikeluarkan dari perut si serigla. Memang saya waktu itu tidak teriak-teriak ketika bapak berpenampilan tidak 'seperti biasanya', tapi itu mengingatkan saya bahwa saya tidak mudah percaya pada orang lain.

    sekarang pun sama, apalagi berkenalan lewat internet. Meskipun terlihat keren (posting karya, penghargaan, dll) akan ada sisi tak terlihat dari kepribadiannya bila kita tidak pernah bertemu langsung dan berteman lama. Jadi tidak bisa langsung percaya dengan orang baru :D

    ReplyDelete
  8. twitter : @Daisy_skys

    Apa dongeng favorit kamu semasa kecil, yang tokoh atau ceritanya mengingatkan akan diri kamu sendiri? (Bisa dongeng apa aja, tradisional maupun yang udah banyak adaptasi filmnya XD


    Kisah Alice in the Wonderland adalah sebuah dongeng yang paling kusukai .Aku berharap bisa menjadi Alice .Gadis tangguh dan pemberani yang awalnya menganggap dunia yang penuh khayalan itu cuma sebuah mimpi .

    Oh Alice aku selalu ingin menjadi dirimu .Seorang yang penuh petualangan dan tantangan.dua hal yang sangat kusukai .Menjadi orang yang dicintai negeri itu dengan berbagai makhluk yang unik .Kelinci Paskah yang bisa berbicara , Si pembuat topi ,tiga tikus buta ,Ratu putih atau bahkan ratu merah .Dan yang membuatku terkesan pasukan prajurit dari tumpukan kartu remi merah dan putih .Dunia Alice sangat menakjubkan bagiku .Penuh cinta dan kebersamaan .
    Kutipan ratu merah soal lebih baik ditakuti dari pada dicintai membuatku sadar bahwa hanya orang - orang kesepian yang tidak memiliki teman disisinya yang akan mengatakan hal itu .

    Aku berharap bisa menjadi Alice yang terjebak di Wonderland walaupun cuma sehari .Dicintai dan mencintai warga Wonderland dan menikmati setiap jengkal negeri ajaib yang menakjubkan itu .Meskipun aku akan terbangun esoknya aku mungkin akan tetap menganggap mimpi itu sebagai sebuah hal nyata .

    Meski kata andai selalu menimbulkan kekecewaan tapi apa salahnya berandai .Andai aku adalah Alice yang terjebak di Wonderland ...



    wish me luck 💕
    naksir berat nih kak 🙇🙇

    ReplyDelete
  9. Nama: Vanda Deosar
    Twitter: @vandeosar
    Link: https://twitter.com/vandeosar/status/811022823523106816


    Apa dongeng favorit kamu semasa kecil, yang tokoh atau ceritanya mengingatkan akan diri kamu sendiri? (Bisa dongeng apa aja, tradisional maupun yang udah banyak adaptasi filmnya XD)

    Kalau aku sih lebih mirip Putri Tidur kali yaaaa, karena kerjaan aku tidur terus dan mungkin akan terbangun nanti saat dicium pangeran hahaha *ngarep gak putri juga sih lebih tepatnya aku mah kebo dan pelor, nempel dimana aja molor.

    ReplyDelete
  10. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/811055373784215552
    Domisili: Gorontalo

    Timun Mas. Cerita Timun Mas sebagai anak satu-satunya dan kesayangan mengingatkan saya saat saya masih kecil. Saya adalah anak tunggal yang sangat disayang, beberapa tahun lalu saya sempat mengalami kecelakaan yang hampir merengggut nyawa saya, itu buat saya mirip dengan kisah Timun Mas yang dikejar untuk dimakan raksasa hijau. Jika Timun Mas bisa lolos dari keganasan sang raksasa, saya sangat bersyukur masih diberi kesempatan untuk 'berkelit' dari kematian :))

    ReplyDelete
  11. Simba.

    I feel like myself just reflected on him. Simba itu karakter yang suka kebebasan, menjelajahi apa yang dia mau, tapi dia masih ada guide dari ayahnya yaitu Mufasa. Just like my father, he guided me well and lots of advices. Simba kecil yang serba ingin tahu, serba bertanya pada ayahnya, persis kayak aku waktu kecil yang cerewet dan nggak berenti nanya sampe orang-orang capek ngeladeninnya. Hehehe.

    Twitter: @murniaya

    ReplyDelete
  12. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/811444086720884736

    Apa dongeng favorit kamu semasa kecil, yang tokoh atau ceritanya mengingatkan akan diri kamu sendiri?

    Kancil dan Kura-kura.
    Aku seperti kura-kura yang walaupun lamban, tapi pantang menyerah. :D

    ReplyDelete
  13. Khaerunnisa / @NhisaMinoz75
    dongeng favorit waktu kecil adalah Kancil dan Buaya, tokoh yang mirip sama aku waktu kecil adalah Kancil, suka ngejahilin teman atau lebih tepatnya sih manfaatin teman wkwkwk *dulu kan masih polos banget* cerita sedikit boleh kan? Dulu waktu kecil aku di juliki preman lorong soalnya kemana2 bawa ketapel atau gak tembak2 yang terbuat dari bambu buat perang sama anak lorong sebelah, kalau ketapel sih biasa aku bawa2 kalau lagi musim buah, biar bisa menembak buah mangga tetangga *masih kecil udah berbuat dosa wkwk* waktu itu aku berteman sama laki laki semua, pas lagi nembak buah mangga si tetangga keluar langsung marah2 karena mangganya diambil tanpa ijin, berhubung aku yang lagi megang ketapel waktu itu, alhasil aku yang kena marah, pas dimarahin aku langsung ngomong ke yang punya mangga kalau aku disuruh sama teman aku yang empat orang, *padahal aku yang kasih ide buat nyolong mangga* si tante malah balik marah ke 4 teman ku, aku malah kabur, dan yah besoknya aku di cuekin sama mereka gak di omongin sampe beberapa hari. *duh jadi rindu mereka* ini kok kayak mengenang dosa lama sih :v

    ReplyDelete
  14. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/811562357625208832

    Apa dongeng favorit kamu semasa kecil, yang tokoh atau ceritanya mengingatkan akan diri kamu sendiri?

    Hmm princess aurora. karena dulu ketika masih awal-awal duduk dibangku sekolah menengah pertama saya selalu tidur berjam jam bahkan bisa tidur dari sore sampai ketemu pagi lagi, dan saya juga suka mengakui jika diri saya ini sangat cantik. Jadi temen temen saya selalu meledek saya "putri aurora versi kampung." Saya juga selalu mengkhayal jika cowok yang saya sukai datang kerumah saya abis itu nyium saya pas lagi tidur. Masa masa smp yang penuh khayalan..

    ReplyDelete
  15. Nama : Mimi Fachriyah

    Twitter : @mimichinori

    Link share : https://mobile.twitter.com/mimichinori/status/812092896291602433?p=v

    Jawaban :

    Sebenarnya dongeng yang paling aku suka adalah dongeng Oki dan Nirmala. Tetapi kalau dongeng favorite yang tokohnya mengingatkan pada diri sendiri, aku pilih dongeng si gadis berkerudung merah. Karena aku pernah mengabaikan nasihat mamaku, dan aku mendapatkan akibatnya ;_; seperti gadis kerudung merah yang mengabaikan nasihat ibunya, dan malah bertemu dengan singa.

    ReplyDelete
  16. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/811044433093267457

    jawaban:
    dongeng favorit dari masa kecil adalah si Kancil.
    gatau kenapa, suka banget ngoleksi buku hingga Kaset CD hadiah kotak susu.
    kata ibu aku mirip kancil, Kancil yg cerdik namun juga licik.

    ReplyDelete
  17. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta

    Sleeping Beauty.
    Dongeng ini mengingatkanku para diriku sendiri. Bukan karena kisahnya atau kejadian yang membuat si putri terbangun wkwkk.. aku dijuluki Putri Tidur karena emang pelor banget. Nempel molor, dimana pun dan kapan pun kayaknya tetap bisa tidur pulas segera. Durasi tidurnya juga kadang kebablasan. Sampai sekarang masih suka gitu, meski nggak separah waktu kecil dulu sih :D

    ReplyDelete
  18. Nama : afifah khoiriyah
    Twitter: @Afifah_1412
    https://twitter.com/Afifah_1412/status/812249913278926848

    Apa dongeng favorit kamu semasa kecil, yang tokoh atau ceritanya mengingatkan akan diri kamu sendiri? (Bisa dongeng apa aja, tradisional maupun yang udah banyak adaptasi filmnya XD)

    Si pahit lidah. Dongeng itu mengajarkan saya agar tak bicara sembarangan. Pokoknya jangan menyakiti Hati orang lain baik melalui ucapan atau perbuatan. Amanat dongeng itu menjadi pembelajaran dan prinsip hidup saya...

    ReplyDelete